MINGGU | POKOK BAHASAN & TIU
| SUB POKOK BAHASAN & SASARAN BELAJAR | CARA PENGAJARAN | MEDIA | TUGAS | SUMBER |
1 & 2 | Arti Pentingnya Organisasi dan Metode
TIU : Mahasiswa mengetahui pentingnya organisasi dan metode | - Pengertian Organisasi dan Metode
- Sejarah Organisasi
- Desain Organisasi Formal dan Informal.
- Teory Organisasi
Sasaran Belajar - Mahasiswa dapat menjalaskan apakah yang dimaksud dengan istilah organisasi dan metode.
- Mahasiswa dapat mengetahui sebab dari mengapa organisasi dan metode dibutuhkan oleh manajemen.
- Mahasiswa dapat mengambarkan fungsi pelayanan O & M
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang sejarah timbulnya organisasi.
- Agar mahasiswa memiliki dasar tentang organisasi tersebit.
| Ceramah | OHP Papan Tulis | Mendeskripsikan fungsi-fungsi pelayanan O & M pada organisasi tertentu. | 1,3,7 |
3 | Hubungan antara Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja.
TIU : Mahasiswa dapat mengetahui hubungan timbal-balik antara manajemen, organisasi dan tata kerja.
| 1. Hubungan Timbal balik antara Manajemen, Organisasi dan tata kerja. 2. Fungsi satuan Organisasi dan Metode.
Sasaran Belajar : - Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari manajemen.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan timbal-balik antara kegiatan dan kerja sama dengan tujuan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dalam rangka menejemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari tata kerja.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan antara manajemen dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan timbal balik antara organisasi dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat mengetahui fungsi satuan organisasi dan metode.
| Ceramah Diskusi | OHP Papan Tulis | Membuat kerangka hubungan timbal balik antara menejemen dan organisasi, Manajemen dan tata kerja, serta manajemen, organisasi dan tata kerja. | 1,6 |
4 | Sistem Perilaku Organisasi
TIU : Agar mahasiswa dapat mengetahui system yang berhubungan dengan organisasi, serta ruang lingkup organisasi. | - Hubungan Timbal-balik antara manajemen, Organisasi dan Tata Kerja.
- Fungsi satuan Organisasi dan Metode.
Sasaran Belajar : - Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pengertian secara umum dari manajemen.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerja sama dengan tujuan.
- Mahasiswa dapat menjalaskan mengapa dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari tata kerja ( metode ).
- Mahasiswa dapat ,enunjukan tujuan daripada pemakaian tata kerja yang tepat.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan antara manajemen dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan timbal balik antara organisasi dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat mengetahui fungsi satuan organisasi dan metode.
| Ceramah Diskusi | OHP Papan tulis | Mengklasifikasikan kegiatan-kegiatan dalam organisasi yang masuk dalam Ruang Lingkup O & M ( Ambil contoh salah satu ( Organisasi) Perusahaan. | 1,5,6 |
5 & 6 | Organisasi
TIU : Mahasiswa dapat memahami tentang organisasi. | - Tipe atau Bentuk Organisasi
- Struktur atau Skema Organisasi.
Sasaran Belajar : - Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri daripada organisasi dengan mengingat pengertian umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi bentuk organisasi menurut beberapa ahli organisasi manajemen.
- Mahasiswa dapat menyebutkan hal-hal penting yang perlu dipenuhi dalam membentuk suatu organisasi.
- mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri daripada organisasi yang sehat, tepat dan sempurna.
- Mahasuiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan prinsip rasionalitas.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pegertian dari spoil system, patronage system dan nepothisme system.
- Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan rrentang kendalai ( span of control ) dengan batasan-batasan.
- mahasiswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk organisasi dengan kebaikan serta keburukannya.
- Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan skeme organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan manfaat skema organisasi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam pembuatan skema organisasi.
| Ceramah Diskusi | OHP Papan tulis | Tugas Kelompok membuat paper dengan tema, spoil system, Nephotisme system, spand of control.
| 1,2,6 |
7 & 8 | Dinamika Organisasi
TIU : Mahasiswa dapat memahami tentang dinamika organisasi. | - Dinamika konflik.
- Jenis dan sumber konflik
- Strategi penyelesaian konflik.
- Motivasi.
- Teori motivasi
Sasaran Belajar : - Mahasiswa dapat meyebutkan hal-hal yang dapat mempengaruhi pergerakan atau proses berjalannya suatu organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat konflik dan menyebutkan jenis-jenis konflik.
- Mahasiswa dapat menyebutkan sebab-sebab timbulnya konflik organisasional.
- Mahasiswa dapat menyebutkan bidang structural dalam organisasi dimana sering terjadi konflik.
- Mahasiswa dapat menjelaskan perubahan terhadap kebijaksanaan, strategi, dan taktis dengan memberikan contoh untuk masing-masing perubahan tersebut.
- Mahasiswa dapat membedakan teori motivasi yang diperkenalkan oleh Mc Gregor, Abraham Maslow, David Mc Cellend, Herzberg.
|
| OHP Papan tulis | Cari contoh organisasi yang sedang mengahadapi konflik dan mencari jalan penmecahanya, sesuai dengan konsep- konsep yang ada.
Membuat konsep motivasi di dalam Organisasi tersebut sesuai teori Abraham Maslow. | 2, 3,5,7 |
9 & 10 | Proses Oraganisasi
TIU : Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana proses Organisasi. | - Proses mempengaruhi.
- Proses Pengambilan Keputusan.
Sasaran belajar : - Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimanakah proses mempengaruhi dapat berlangsung.
- Mahasiswa dapat membedakan pengertian pengaruh dengan kekuasaan dan dengan wewenang.
- Mahasiswa dapat meyebutkan beberapa beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk membahas hubungan antara kekuasaan dan pengaruh.
- Mahasiswa dapat menjelaskan proses pengambilan keputusan.
- Mahasiswa dapat menyebutkan dua buah model Fisher dalam prosesr pengambilan keputusan.
- Mahasiswa dapat menyebutkan teknik-teknik pengambilan keputusan
| Ceramah Diskusi | OHP Papan tulis | Membuat pembedaan proses pengaruh berdasarkan kekuasaan dengan berdasarkan wewenang. | 2, 7 |
11 | Komunikasi dalam Organisasi
TIU : Mahasiswa dapat memahami bagaimana komunikasi dalam organisasi | - Pengertian Komunikasi
- Bagaimana menyalurkan ide melalui konunikasi.
- Hambatan-hambatan komunikasi.
Sasaran Belajar : - Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa komunikasi diperlukan dalam organisasi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat terjadinya komunikasi yang baik.
- Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan one way traffic dan two way traffic.
- Mahasiswa dapat menghitung jumlah arus tata hubungan yang ada dalam organisasi dengan mengunakan rumus J.E Walters.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli.
- Mahasiswa dapat menyebutkan unsure-unsur komunikasi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam komunikasi yang dapat terjadi dalam organisasi berikut contohnya.
- Mahasiswa dapat menjelaskan tahap-tahap yang dilalui dalam proses komunikasi.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan komunikasi dalam koordinasi kerjasama.
- Mahasiswa dapat mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam berkomunikasi.
| Ceramah Diskusi | OHP Papan tulis | Mempresentasikan paper yang telah dibuat kemudian menklasifikasikan hambatan-hambatan dalam komunikasi. | 2, 7 |
12 | Perkembangan Pandangan Baru tentang Organisasi.
TIU : Mahasiswa dapat mengetahui tentang pendangan baru organisasi. | - Arti pengembangan Organisasi.
- Sejarah perkembangan Organisasi.
- Karakteristik Pengambangan Oragnisasi.
- Organisasi Masa Depan.
Sasaran Belajar : - Mahasiswa dapat mengetahui arti pengembangan organisasi.
- Mahasiswa dapat membandingkan perkembangan organisasi saat ini dengan sejarah organisasi.
- Mahasiswa dapat mengenali karakteristik yang berhubungan dengan organisasi.
- Mahasiswa dapat memahami perkembangan organisasi.
| Ceramah Diskusi | OHP Papan tulis | Membuat “ Daur Hidup Organisasi “ | 3,4,7 |
13 | Kepemimpinan | - Pengertian
- Tipe-tipe Kepemimpinan
- Teori-Teori Kepemimpinan
Sasaran Belajar : - Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kepemimpinan
- Mahasiswa dapat mengerti tipe-tipe kepemimpinan.
- Mahasiswa dapat menyebutkan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.
- mahasiswa dapat mengetahui teori yang mendasari kepemimpinan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi dari pemimpin dalam organisasi.
| Ceramah Diskusi | OHP Papan tulis | Analisis kasus : klasifikasi gaya-gaya kepemimpinan. | 2,3,7 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar